Posts

Showing posts with the label Curhatku

Google Ibarat Sel Kanker Dalam Hidupku

Image
Dulu, dulu... banget, aku mengenal Google hanya melalui layanan pencariannya yang kemudian membawaku untuk mengenal layanan emailnya. Setelah berkenalan beberapa saat kemudian berlanjut ke perkenalan pada layanan blogging. Tepatnya tanggal 4 April 2010 aku membuat blog ini. Hari ini, setelah bertahun-tahun menggunakan layanan Google dari yang gratis sampai yang berbayar membuatku menyadari bahwa layanan itu ibarat sel kanker yang menyerang hidupku. Bagaimana tidak? Selama bertahun-tahun, aku tidak menyadari kalau Google mengambil data perilaku penggunaan layanan untuk mengembangbiakkan layanan yang lain. Hingga detik ini, lebih dari 30 layanan Google kugunakan dan semuanya itu menyebar hampir ke seluruh lini kehidupanku. Pagi hari,  ketika bangun tidur, Gmail adalah salah satu layanan yang sering kugunakan pertama kali. Mengecek apakah ada email baru adalah kegiatan yang hampir rutin kulakukan. Setelah agak siang dan siap melakukan produksi maka blogging akan menjadi alat untuk peman…

Yang Dihilangkan Itu Gengsi, Bukan Rasa Malu

Image
Suatu ketika, aku pernah janjian ketemu dengan seseorang. Itu adalah kali pertamanya rencana kami bertemu. Aku belum tahu bagaimana orangnya dan seperti apa perangainya. Hanya saja, aku yakin kalau dia adalah orang yang baik. Setelah bersepakat bertemu di suatu tempat, aku pun berangkat ke sana sesuai waktu yang ditentukan. Seperti biasanya, untuk membunuh rasa bosan itu, aku selalu mencari warung kopi. Ketemulah warung kopi di seberang jalan dan langsung kuhampiri warung tersebut kemudian memesan minuman dingin yang tidak ada bahan kopinya sama sekali. Ya! warung kopi hanyalah jadi tempat pelarian untuk beragam masalah meskipun sebetulnya bukanlah kopi tujuannya ke situ. Sungguh malang nasibnya kopi kalau ketemu orang seperti diriku. hik..hik..
Hampir satu jam aku menunggu orang yang berjanji akan bertemu denganku di sekitar tempat itu. Rasanya batas kekuatan warung kopi untuk menahan rasa jenuh sudah habis. Aku pun membidikkan kamera ponselku ke beberapa spot paling bagus di sekita…

Dekat Tapi Terasa Berjauhan, Kok Bisa?

Image
Aku seringkali merasa heran dengan perilaku wanita, terutama istriku sendiri. Setiap hari, aku bekerja di rumah dan selalu bertemu dengannya. Ketika ada waktu luang, aku sering mengajaknya keluar (jalan-jalan) meskipun hanya ke taman kota yang tak perlu mengeluarkan uang untuk jajan. Intinya, quality time itu selalu tersedia untuknya meskipun ya sekenanya saja. Tapi kok tetap saja ia sambat kalau sering merasa kangen padaku. Ciyee... ciyeee.. Malam hari, usai sholat isya, ritual sambat kangen itu sering dilakukannya. Padahal! Seharian itu, aku juga selalu di rumah dan berkali-kali bertemu dengannya. Tidak hanya bertemu melainkan juga mengobrol ringan atau main-main dengan si K bareng meskipun sebentar. Tapi kok tetap saja ia bilang kangen padaku. Sebetulnya isyarat apa to itu? Aku pun jadi bertanya-tanya sebetulnya sebanyak apa sih perhatian yang dibutuhkan wanita? Lha wong aku yang setiap hari di rumah saja membuatnya seperti itu lalu bagaimana dengan wanita yang ditinggal kerja sua…

Jadi Programmer Itu Berat, Biar Aku Saja

Image
Pernahkah kamu dimintai tolong untuk membetulkan handphone yang rusak? tv rusak? monitor rusak? mobil remot mainan rusak? printer rusak? Aku pernah. Seakan-akan, seorang programmer itu dianggap bisa menyelesaikan semua pekerjaan yang ada kaitannya dengan elektronik. Bahkan sampai istri yang rusak saja pernah diminta untuk betulin. Sumprit. Apakah semuanya berhasil dibetulin? Ya jangan tanya kalau masalah itu. Sebagian sih bisa tapi sebagian yang lainnya bisa dengan syarat ditukar dengan yang baru. Uhuk. Uhuk. Suatu hari, ada yang datang bilang gini "tolong buatin ini, ya. gampang banget kok. Cuma gini, gini, dan gini". Aku mbatin "gampang sih kalo ngomong doang". Aku hampir keceplosan bilang gini "lha kalo gampang silakan bikin sendiri nanti tak bayar dua kali lipat dari harga yang kamu tawarkan". tetapi urung karena memang kan aku orang baik. Ahaay. Siapa kita....? Yak. Tul. Orang baik.
Di lain kesempatan, ada juga yang menganggap kalo kerjaannya progra…

Unfriend Teman Baru Diterima 5 Menit

Image
Ini adalah cerita nyata dan baru saja terjadi beberapa menit yang lalu. Ketika sedang asyik browsing melalui laptop, kulihat tab browser yang membuka Facebook menunjukkan ada 2 (dua) notifikasi baru. Setelah menyelesaikan ritual browsing, aku pun membuka notifikasi tersebut yang berupa pemberitahuan ada suka baru pada statusku sebelumnya. Tak lama setelah itu muncul satu notifikasi ajakan pertemanan. Kulihat sekilas melalui popup profil akun tersebut ada dua teman yang sama. Keduanya adalah orang yang aktif di Facebook dan statusnya selalu baik dan bergizi. Tanpa pikir panjang, aku pun menerima permintaan pertemanan itu.


Belum lama permintaan teman kusetujui, ada notifikasi dari Facebook kalau sekarang aku dengan dia terhubung di messenger. Biasa lah. Facebook memang seperti itu jika kedua pengguna baru berteman dan keduanya sama-sama menggunakan messenger maka akan mendapat notifikasi seperti itu. tak lama kemudian ada notifikasi lagi, ternyata doi nginbox menawarkan dagangannya. Tn…

Politisasi Khutbah Idul Adha

Image
Hari ini benar-benar terasa sangat aneh. Sepertinya aku telah dikuasai setan sampai-sampai sangat sulit untuk mengendalikan diri. Padahal! Biasanya aku bisa mengendalikan diri dalam situasi segenting apapun. Setiap ada masalah, aku bisa berpikir santai. Namun kali ini tidak. Sungguh! Aku tidak mengenali diriku sendiri saat ini. Perasaanku benar-benar tidak karuan bercampur jengkel, marah, dan serba ingin mengumpat. Sampai-sampai si K yang tengah bubuk manja di pangkuanku tiba-tiba menangis dengan sendirinya dan ia tidak menjawab sama sekali pertanyaan mengenai kenapa ia menangis. Ketika kuajak jalan-jalan naik sepeda motor, ia memelukku sambil berdiri dan bersandar dengan penuh kepasrahan. Disuruh duduk sama ibuknya tidak mau. Ada sesuatu yang aneh padanya. Apa karena ia tertular keanehanku hari ini?Jujur saja, baru kali ini, aku mendengar khutbah tapi malah membuatku marah dan ingin mengumpat. Andai saja aku tidak khawatir membuat jamaah bubar, aku akan melakukan walkout karena sudah…

Menertawakan Orang Yang Menertawakan Agama

Image
Menjadi guru ngaji itu sering mendapat perlakuan tidak menyenangkan. Sungguh! Jika aku mau menuruti logika kemanusiaanku maka aku akan sangat sering merasa kecewa dengan perlakuan-perlakuan yang kurasa tidak menyenangkan itu. Oleh karena itu, ketika sedang tidak kuasa untuk menahan diri, aku sering memilih menertawakan mereka. Daripada sakit hati berlarut-larut kan mendingan memilih untuk mengobati hati dengan cara itu sehingga bisa kembali berpikir wajar dan melanjutkan ngajar ngaji.
Kemarin, aku benar-benar marah dengan penyanggar yang mengaji di Sanggar Pelangi. Satu hal yang membuatku marah adalah mereka tidak bisa menghargai Al-Qur'an. Aku katakan pada mereka dengan tegas, "Aku sangat cinta dengan Al-Qur'an. Jika aku membaca Al-Qur'an dan kamu malah ramai sendiri maka bisa saja aku menendangmu. Setelah aku tendang kemudian kamu lapor kepada orang tuamu dan orang tuamu datang ke sini untuk protes maka aku akan balik memarahi mereka. Duel pun tak masalah".
Ak…

Menyesal Pakai Pascabayar Indosat

Image
Sudah hampir sebulan, aku menggunakan pascabayar Indosat paket XXL seharga Rp. 199.000 per bulan. Hal yang membuatku menyesal adalah jaringan internet Indosat yang sangat menjengkelkan. Salah seorang Customer Service di Galeri Indosat Salatiga mengatakan kalau jaringan internet yang digunakan oleh pelanggan pascabayar diprioritaskan. Tapi kenyataannya sama saja. Lemot banget. Lambat. Aku sering marah dan kehilangan kesabaran karenanya. Padahal tujuanku mengambil paket XXL itu adalah untuk menunjang kebutuhan bisnis. Tapi kenyataannya malah rugi. Sangat rugi.
Aku tinggal di kota Salatiga. Sebuah Kota Madya yang berada di provinsi Jawa Tengah. Tetapi kenyataannya Indosat tak sepenuhnya bisa digunakan di sini. Aku membayangkan, “bagaimana nanti kalau aku mudik ke Bojonegoro?”. Tempat kelahiranku adalah di di pelosok desa di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Benar-benar merasa salah pilih dan sangat menyesal.
Aku setiap hari membutuhkan koneksi internet untuk berkomunikasi dengan parter ke…

Puasa Ramadhan Puasa Sosmed

Image
Bulan ramadhan telah tiba. Rasanya sungguh sangat cepat ramadhan ini kembali menyapa. Entah karena aku yang terlalu hanyut dalam kesenangan dunia sehingga tak terasa usiaku berkurang setiap hari atau kah karena hal lainnya. Bukankah pada umumnya penantian itu terasa lama? Mungkinkah aku tak pernah menantikan kehadiran ramadhan? Duh, Gusti! Ada apakah dengan diriku.
Aku rasa, ini adalah suasana yang tepat untuk kembali menyulam cinta pada-Nya. Setelah sekian lama aku mengabaikan-Nya, aku ingin kembali bermanja dengan-Nya. Bermanja sebagaimana sepasang kekasih yang telah lama tak berjumpa.
Puasa sosmed bukanlah bearti meninggalkan segala hal yang berkaitan dengan sosmed. Bukan! Bukan itu maksudku. Tiada larangan bagi kita untuk tetap berinteraksi dengan sesama kawan, kerabat, ataupun keluarga. Ya meskipun melalui sosial media.
Aku hanya berfikir alangkah eloknya jika ramadhan ini kita jadikan momentum untuk memeriksa diri secara penuh. Kita petakan penyakit-penyakit hati yang ada dalam…

Harga Palsu Iklan Xiaomi Oleh Tokopedia

Image
Hari ini, aku mencari informasi seputar Xiaomi Redmi 5A melalui Google. Di Facebook ada teman yang menawarkan handphone jenis itu seharga 1,1 juta. Eh, ndilalah lihat iklan Tokopedia nangkring di halaman pencarian. Harganya 1 juta. Karena ada selisih harga dan lebih murah maka aku klik iklan itu. Setibanya di halaman landing iklan aku terkejut ternyata harga yang tertera di iklan berbeda dengan harga aslinya. Harga Xiaomi Redmi 5A dengan spek RAM 2 GB dan memori internal 16 GB yang tertera di landing page iklan Tokopedia ternyata tidaklah Rp. 1.000.000 melainkan Rp. 1.300.000. Menurut informasi dibawah harga yang tertera, harga itu telah diubah pada tanggal 12-05-2018 pukul 16.17 WIB. Okelah aku kena tipu batinku.
Meskipun aku merasa kena tipu, aku masih berusaha berhusnudzon. Mungkin saja harga sebelum diubah memang 1 juta. Aku pun melihat tab diskusi produk dan berusaha mencari informasi harga sebelum tanggal diubah. Namun ternyata memang sepertinya ulah Tokopedia yang membuat harg…

Indahnya Berbagi

Image
Salah satu media komunikasi yang paling sering kugunakan untuk berbagi pengalaman, tips, trik, dan tutorial adalah blog. Ketika ada teman yang berada jauh di tempat menanyakan sesuatu mengenai suatu permasalahan terkait penggunaan software atau masalah-masalah terkait operasi sistem, maka blog adalah salah satu media yang paling sering kugunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Terlebih ketika penjelasan melalui telpon tak juga dapat dipahami. Sehingga penjelasan secara visual sangat diperlukan untuk menjelaskan maksud perkataan-perkataanku, meskipun hanya menggunakan bantuan gambar statis.Blog juga sangat efektif untuk menyebarkan tugas yang sudah selesai dikerjakan agar teman lain bisa nyontek. Hal ini sering kulakukan ketika suatu mata kuliah yang kuikuti sudah kupahami. Kukerjakan tugas dari dosen hanya untuk membantu teman-teman. Biasanya, ketika deadline tugas telah datang, aku pun tak ikut mengumpulkan. Itulah rahasianya agar rata-rata nilai mata kuliah dapat C, guys. Imam …

Kapok Mengikuti Kontes Blog PPM Aswaja

Image
Kontes blog yang diselenggarakan oleh PPM Aswaja dimulai pada Desember tahun lalu dengan jadwal yang telah tersusun dengan baik. Proses perlombaan pun dimulai. Berjalan tahapan lomba tanpa ada kendala apa pun. Namun, pada proses penilaian, waktu penilaian mundur satu minggu tanpa ada konfirmasi dari pihak PPM Aswaja. Automatis semua jadwal mundur. Ditambah lagi ada jadwal penayangan nominasi yang membutuhkan waktu satu minggu. Penerimaan hadiah pun mundur sampai berminggu-minggu.
Sungguh disayangkan hal ini dilakukan oleh PPM Aswaja. Profesional apa provit oriented?

Dalam Diam Aku Mencintaimu

Image
Mungkin engkau merindukanku saat mengatakan bahwa aku mencintaimu atau saat akau mengatakan kalau aku merindukanmu. Mungkin engkau sangat merindukan hal itu. Namun, apa lah dayaku. Aku tak mampu mengungkapkannya padamu. Aku sangat takut konsekuensi yang harus kuhadapi setelah mengatakan hal itu padamu.
Aku berharap engkau bisa mengerti perasaanku. Meskipun aku tak mengungkapkannya padamu. Aku ingin engkau bisa memahai bagaimana sebenarnya kondisi hatiku dalam memperlakukanmu selama ini.
Aku sering mengecup keningmu saat kau tidur. Memandang wajahmu yang tak berdosa itu. Aku hanya mempu mengatakan dalam hati bahwa aku mencintaimu, meskipun andai kukatakan dengan keras kau juga tak bisa mendengarku. Tapi, aku tetap tak berani untuk melakukannya.

Pecinta Merindukan Tuhan

Image
Ketaatan yang dilakukan seorang hamba, terkadang hanya berwujud sebuah ritual formal yang tidak dapat membuat sang hamba merasa lebih dekat atau mendekat pada Tuhan. Ketaatan ini hanya berupa tindakan untuk memenuhi sesuatu yang telah diwajibkan padanya. Sehingga, pada kenyataannya hanya berbuah rasa terbebas dari tanggung jawab. Itu saja.
Seorang pecinta akan merasakan kehampaan yang luar biasa ketika ketaatan yang dilakukan tidak berbuah kerinduan untuk selalu bertemu dan mendekat dengan yang dicintainya. Dalam keadaan sadar atau tidak, kehampaan ini akan membuahkan suatu kegelisahan yang selalu menyelimuti hati.
Ketika seorang pecinta sadar terhadap sebab yang membuatnya gelisah, tentu ia akan segera berpaling dari segala hal yang menghambat dirinya untuk meraih rindu dan segera mendekat kepada yang dicintainya. Sebaliknya, ketika ia tidak sadar atau bahkan memang tidak tahu penyebab kegelisahannya, ia akan diliputi kegelisahan/kegalauan yang berkepanjangan.
Cinta, rindu, dan geli…

Kucing Baru, Keluarga Baru

Image
Kucing di rumah kami, awalnya hanya satu, tanpa nama, berjenis kelamin betina. Beberapa bulan kemudian, kucing tersebut melahirkan dua anak. Beberapa bulan kemudian, ia melahirkan tiga anak. Jadi, kucing kami sekarang berjumlah?

Awalnya, kami tidak mengetahui tentang kelahiran anak kucing yang baru tersebut. Karena, kelahiran anak-anak kucing itu tidak terjadi di rumah kami. Anak-anak kucing yang lucu itu dilahirkan di rumahnya pak lik, sebelah rumah kami. Beberapa hari setelah lahir baru dibawa ke rumah kami. Itu pun dengan cara diam-diam.

Seingatku, anak-anak kucing yang baru lahir itu di bawa ke rumah pada malam hari, waktu itu aku hanya mendengar suaranya. Mereka disembunyikan oleh induknya di dalam tungku, di dapur rumah kami. Siangnya, induk kucing itu baru berani mengenalkan anak-anaknya pada kami. Salah satu anak kucing yang lucu dibawa ke ruang tamu. Beberapa hari kemudian, kedua anaknya yang lain baru dikenalkan dengan kami.
Sekarang, anggota keluarga kami bertambah 3. Semak…

Serunya Plagiasi (Don’t Try This at Home!)

Begadang semalam suntuk untuk menyusun tugas hingga membuat mata kriyip-kriyip, nafsu makan semakin tinggi, nyandu kopi, hingga mandiala bebek agar kuliah tak terlambat?Sering. Untungnya, kausalitas banyak tugas nggak doyan makan tidak berlaku untukku. (Tapi kok nggak gemuk-gemuk?) :vLalu, bagaimana jika tiba-tiba teman sekelompok mengabari bahwa makalah sudah selesai, padahal kita tidak berperan sama sekali?Aku terkejut. Campur aduk. Senang karena teman sekelompok begitu rajin. Lega karena tak usah begadang. Tenang karena tak usah rebutan lepingu dengan suami. Sekaligus kebat-kebit, bagaimana jika makalahnya amburadul?Wednesday come.Ketika presentasi tiba, menit ke lima baik-baik saja.Menit ke sepuluh saat bagianku untuk mempresentasikan, aku membaca dengan tersendat-sendat, menyadari sesuatu yang ganjil. Sembari membaca, aku menelisik lebih jauh. Mengingat-ingat apa yang ada di slide presentasi dengan yang ada di makalah. Slide presentasi dan makalah berbeda, tak menggambarkan isi m…

Merindukan Kyai

Semalam, sepulang dari Boyolali hati ini terasa gundah. Entah apa sebabnya, aku juga tidak tahu. Tanpa melihat jam, aku ajak istriku, +Mustika Ungu  untuk ke rumahnya Kyai untuk bertemu dengannya. Tak ada firasat apa-apa, tak ada praduga apa-apa, rasa ingin bertemu dengan Yai sangat kuat.

Setibanya di rumah Yai, istri berkata, "kok gak nunggu Isya sekalian?"

Aku kaget, ternyata belum isya. Aku kira sudah sekitar jam 8. Lalu aku bilang pada istriku untuk sholah berjamaah dengan Yai saja. Yai menemui kami, berbincang sebentar lalu mengimami sholat Isya.

Usai sholat isya' perbincangan pun dilanjutkan. Yai berusaha memberi arahan, bimbingan, dan semangat kepada kami. Katanya, wajar kalau oarang berumah tangga itu mendapat ujian. Kemudian, Yai menceritakan masa awal pernikahannya dengan bu Nyai dulu, cobaannya lebih berat.

Beberapa saat kemudian, Anakanya Yai, mas Syukron menyuguhkan minuman untuk kami. Aku kaget, kenapa mas Syukron? biasanya bu Nyai yang menjamu kami. Hatiku…

Gadis Penjual Nasi

Sore itu perutku terasa lapar. Sehabis sholat Ashar, kususuri sepanjang jalan depan musholla Syukron Maghfuuro untuk mencari warung yang menjual nasi. Kulihat di kiri jalan di depan Rolak Outbond ada satu warung yang menjual nasi, tapi kuteruskan langkah untuk mencari warung lain yang dulu pernah aku singgahi sewaktu aku masih tinggal di asrama Al-Mufidah. Namun sayang, warung itu sudah beralih fungsi menjadi salon. Aku pun menghentikan langkah, berfikir sejenak, hingga akhirnya kuputuskan untuk kembali ke warung depan Rolak Outbound.Warung yang cukup sederhana, tembok depan terbuat dari triplek yang dicat warna agak kuning. disebelah kiri dari pintu ada sebuah meja panjang terbuat dari kayu dipasang memanjang ke arah pintu, disebelah kanannya meja panjang dipasang memanjang kekanan, dan diujung kanan juga dipasang meja panjang yang memanjang ke arah pintu bagian kanan. Sehingga ketiga meja tersebut membentuk huruf U.Perlahan aku masuk warung itu, kulihat ada tiga laki-laki di sana, y…

Telatnya Bantuan Biaya Hidup Bidik Misi

Seperti semester-semester sebelumnya, bantuan biaya hidup beasiswa bidik misi telat cair di awal semester. Semester ini satu bulan lebih belum cair. Hari ini tanggal 07 Okt. 2013 kulihat saldo melalui mobile banking sudah ada transferan dari yang berwenang sekitar 2 juta, namun ketika kulihat dari ATM malah mendapat warning dari mesin ATM kalau saldo tidak mencukupi. Aku tidak tahu maksudnya uang dua juta yang ditransfer itu untuk apa, kok tidak seperti biasanya 3,6 juta untuk satu semester. Kalaupun tanya ke pihak universitas yang menangani bidik misi biasanya malah ditanggapi sinis, mungkin mereka sudah capek, soalnya ribuan mahasiswa menanyakan hal yang sama.Telatnya bantuan tersebut membuatku benar-benar tak bisa berkutik, biaya pondok semester lalu belum aku bayar, hutang juga belum aku bayar, bahkan aku sampai harus merelakan diri untuk tidak ngeprin tugas PPL 2 karena tidak punya uang. Akibatnya, bayang-bayang lulus kuliah di masa perpanjangan waktu semakin jelas. Banyak tugas …

Memudarnya Cinta

Sebelumnya, aku sangat mengharapkan dia menjadi istriku. Aku juga yakin kalau dia benar-benar serius denganku. Melihat pengorbanannya yang begitu besar, kasih sayangnya, perhatiannya memang menunjukkan kalau dia benar-benar serius denganku.Malam itu dia menelponku. Mengabarkan kalau mendapat tawaran beasiswa S2 di Malang. Waktu itu antara kami berdua telah sepakat akan melangsungkan pernikahan dalam wakttu dekat.setelah mendapat tawaran tersebut akhirnya kami memutuskan untuk menunda rencana pernikahan itu. Biar kami sama-samamenyelesaikan kuliah terlebih dahulu.Perkuliahannya pun di mula. Semester pertama dia sangatlah sibuk dengan tugas-tugas kuliahnya. Disamping itu, dia juga masih mempunyai tanggungan untuk mengajar di sekolah yang menjadi batu loncatan untuk mendapat beasiswa S2 itu. Meskipun terkadang aku merasa bosan dengan responnya yang datar, bahkan tak jarang dia terdiam membisu tanpa memberi kabar sedikitpun padaku, namun akau masih tetapberusaha meyakinan pada diriku bahw…