Secure Shell atau SSH adalah alat yang digunakan untuk berinteraksi dengan server linux dari komputer client. Melalui SSH, kita dapat melakukan instal atau uninstal program, transfer file, mengonfigurasi OS, dan lain sebagainya.

Pengguna linux bisa menggunakan SSH melalui terminal bawaan sistem operasi. Sedangkan pengguna Windows bisa menggunakan SSH menggunakan aplikasi Putty. Lalu bagaimana dengan pengguna android?

Pengguna Android dapat menggunakan SSH melalui aplikasi ConnectBot yang dipublikasikan di playstore oleh Kenny Root.

Cara untuk menggunakan SSH di ConnectBot adalah sebagai berikut:
  1. Install aplikasi ConnectBot
  2. Buka aplikasi ConnectBot. Tampilan utama aplikasi ini adalah Daftar semua server yang sudah pernah ditambahkan. Jika belum ada server yang ditambahkan maka tampilannya kosong. Hanya akan ada tombol tambah server saja.
  3. Tekan icon plus di sebelah kanan bawah untuk menambahkan host.
  4. Ketikkan [email protected]:port. Contoh [email protected]:9999 atau jika menggunakan port default bisa ditulis [email protected]. root adalah user SSH, 192.168.1.1 adalah IP static server. 9999 adalah port jika SSHnya menggunakan port custom.
  5. Isi Nickname dengan nama penanda server misal: Server 1, Server Devel, dll.
  6. Selanjutkan tekan tanda + yang berada di pojok kanan atas untuk menambahkan server tersebut. Setelah itu, server yang baru saja ditambahkan akan tampil (lihat gambar pada langakah nomor 2).
  7. Untuk menyambungkan SSH cukup tekan salah satu server yang tersedia pada daftar server. Setelah itu masukkan Password
  8. Setelah password berhasil diautentikasi maka selanjutnya akan tampil halaman awal masuk SSH
  9. Coba gunakan untuk melakukan Ping suatu blog
  10. Untuk menampilkan tombol CTRL, ESC, arah kanan, kiri, atas, bawah, dll cukup tekan layar sekali. 
Demikian tutorial singkat cara menggunakan SSH melalui HP Android. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.