Mengatasi Kulit Kepala Kering

Kulit kepala kering ini njelehi, ya. Gatal banget rasanya. Tangannya kayak enggak bisa ditahan untuk nggaruk dan ngelethekin kulit yang kering. Begitu kulitnya mengelupas, auwwww, perih, Ndan.... Huhuhu. Apalagi musim kemarau gini, makin memperparah kondisi kulit kepala yang sudah kering dari sononya.

Kamu juga?

Tenang. Kulit kepala kering bukan kiamat, kok. Emak K dulu jaman SMP kulitnya bersisik kayak ikan, kulit kepala pun... Alhamdulillah, sekarang kulitnya enggak kering, cenderung lembab. Kulit kepalanya pun stabil, enggak terlalu berminyak, enggak kering juga.

Ubah Pola Makan, Pastikan Asupan Makanan Basa Tercukupi

Kulit dan kulit kepala yang lembab dan stabil ini enggak bisa kupungkiri karena perubahan pola makan yang kulakukan dalam 8 bulan terakhir. Aku mulai menerapkan pola makan food combining, meski masih sekali-kali cheating, tetapi asupan sayuran dan buah sebagai bahan utama asupan makanan yang bersifat basa lebih dari 50%.

Hiromi Shinya, dalam bukunya Revolusi Awet Sehat, mengatakan bahwa ada 3 kunci yang menjadi syarat tercapainya kulit sehat, yakni: enzim (bahan makanan mentah), air yang sehat dan minyak yang sehat. Jika tiga hal tersebut sudah terpenuhi dengan teratur, sel sebagai inti kehidupan akan bekerja secara lancar dan sehat. Ini juga sangat memoengaruhi kecantikan kulit.

Jadi, meskipun kamu enggak melakoni food combining, pastikan jika asupan makanan mentah, baik dalam bentuk buah maupun dalam bentuk sayuran mentah tercukupi. Pastikan juga kebutuhan air mineral minimal 3 liter sehari enggak pernah ketinggalan. Air mineral putih lho ya, kalau minum teh, soda dll enggak masuk itungan 3 liternya.



Keramas dengan Gel Lidah Buaya, Minyak Zaitun, Alpukat atau Pisang

Jika mengubah pola makan berhubungan dengan regenerasi sel kulit dari dalam dan bersifat jangka panjang, keramas dengan bahan alami ini merupakan ikhtiar untuk menyembuhkan kulit kering dari luar. 

Gel lidah buaya dan minyak zaitun bisa langsung dibuat keramas begitu saja setelah rambut dibasahi. Diamkan selama 10 menut dan bilas hingga bersih.

Pisang maupun alpukat harus dihaluskan sebelum digunakan untuk keramas. Teteskan 2-3 tetes minyak zaitun atau minyak kelapa, lalu buat keramas setelah rambut dibasahi, diamkan 10 menit dan bilas hingga bersih.

Kandungan alami bahan-bahan tersebut akan mengangkat sel kulit mati pada kulit kepala yang kering dan membantu melembabkan kulit kepala. Lakukan secara rutin hingga kulit kepala membaik.


Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial | Mengatasi Smadav yang Tidak Bisa Dibuka

MS Word | Menulis Pegon di Komputer

Cara Menghitung Luas Bangun Datar Tak Beraturan

Qur'an Kudus Versi Digital