Makan Siang Bergizi, Hindari Asam Urat

Tahukah kamu kalau nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh itu 70% diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan, 20% dari karbohidrat, dan 10% dari protein hewani? Tapi faktanya, kebanyakan dari kita malah memperbanyak porsi protein hewani seperti daging ayam atau sapi, telur, ikan tawar atau asin disamping memperbanyak porsi karbohidratnya. Walhasil porsi sayur dan buah sering kali malah kurang dari 10%. Iya, toh?

Akibatnya apa? Jika porsi nutrisi yang kita masukkan ke dalam tubuh jumlahnya berlebihan maka ginjal sebagai petugas kebersihan akan membuang sisa-sisa nutrisi yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh lagi. Jika sampai ginjal kuwalahan maka sisa-sisa ini akan menumpuk di dalam tubuh menyebabkan asam urat, hipertensi, obesitas, atau gejala penumpukan nutrisi lainnya. Hal ini tentu saja tergantung nutrisi mana yang menumpuk di dalam tubuh.

Solusinya bagaimana? Perbaiki pola makan dengan cara memperbanyak porsi sayuran dan buah sampai mencapai 70% dari total makanan yang kita makan sehari-hari. Kita bisa juga menerapkan pola makan Food Combining untuk mendapatkan nutrisi yang seimbang untuk tubuh.


Hari ini, aku sudah 7 bulan menjalani pola makan Food Combining.

Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial | Mengatasi Smadav yang Tidak Bisa Dibuka

MS Word | Menulis Pegon di Komputer

Cara Menghitung Luas Bangun Datar Tak Beraturan

Qur'an Kudus Versi Digital