Senin, 14 Mei 2018

Menggunakan SSL (HTTPS) Di Blogspot Custom Domain

Leave a Comment
SLL atau HTTP  menjadi salah satu indikator yang diperhitungkan dalam urusan Search Engine Optimitaziton (SEO). Hal ini diumumkan pada 2014 yang lalu melalui blog  resminya di webmasters.googleblog.com. Alasan utama yang diampaikan melalui publikasi tersebut adalah masalah keamanan. Google berupaya mengajak semua webmaster untuk menggunakan SSL demi keamanan pengunjung mereka.
Menu HTTPS yang disediakan oleh Google untuk para pengguna blogspot

Cara Menggunakan SSL Di Blogspot Custom Domain

Menggunakan SSL di blogspot sangatlah mudah. Hanya perlu beberapa langkah saja tidak seperti SSL yang digunakan blogger pada hosting sendiri. Adapun langkah-langkah untuk mengaktifkan SSL pada blogspot custom domain adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke pengaturan/settings
  2. Pilih Basic/Dasar
  3. Scroll ke bawah sampai temukan label HTTPS. Pada bagian ketersediaan HTTPS pilih Ya dan tunggu sampai proses penyimpanan selesai kemudian coba akses blog menggunakan HTTPS. contoh: https://www.bloggersejoli.com (sebelum diganti menggunakan HTTPS adalah http://www.bloggersejoli.com).

 Mengalihkan HTTP Ke HTTPS di Blogspot

Google memberi pilihan pada blogger apakah ingin mengalihkan (redirect) semua kunjungan ke mode ssl atau menggunakan ssl. Jika hal ini diaktifkan maka semua kunjungan akan otomatis diaarahkan pada mode ssl. Contoh: Jika seseorang mengunjungi http://www.bloggersejoli.com maka akan secara otomatis diarahkan ke https://www.bloggersejoli.com.

Cara mengaktifkan fitur pengalihan otomatis ini adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke pengaturan/settings
  2. Pilih Basic/Dasar
  3. Scroll ke bawah sampai temukan label HTTPS. Pada bagian pengalihan HTTS ubah menjadi Ya. Hal ini bisa dilakukan setelah konfigurasi SSL seperti yang dilakukan di atas telah berhasil. Jika belum berhasil maka menu ini belum bisa digunakan (disabled).
Demikianlah cara Menggunakan SSL (HTTP) Di Blogspot Custom Domain. Semoga bermanfaat.

0 Komentar Anda:

Posting Komentar

Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.