Jumat, 25 Mei 2018

Cara Membuat Garis Di Microsoft Word

Leave a Comment

Garis atau line  di dalam Microsoft Word bisa digunakan untuk beragam keperluan diantaranya adalah untuk membuat kepala surat, penunjuk arah alur data, pembatas gambar atau tulisan, dan lain sebagainya.


Pengertian garis menurut kamus besar bahasa Indonesia sangat beragam. Hal itu menyesuakan dengan kontek pembahasan yang sedang berlangsung. Kalau konteksnya matematika maka garis bearti titik-titik yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya. Kalau di dalam ilmu olahraga bisa bearti coretan panjang di atas permukaan tanah sebagai suatu tanda. Bisa juga berarti ketentuan (nasib/takdir) atau batas.


Garis yang akan kita bahas pada artikel ini sebetulnya mirip dengan definisi garis yang digunakan pada matematika yaitu kumpulan beberapa titik (dot atau point) yang saling berhubungan. Untuk itulah dalam membuat garis di Microsoft Word kita harus menekan pada satu titik dan menggeser tekanan itu ke titik yang lain sehingga membentuk suatu garis lurus.Cara Membuat Garis di Microsoft Word

Membuat Garis Di Microsoft Word

  • Klik Insert > Shapes > LineMembuat Garis Di Microsoft Word
  • Klik dan tahan di dokumen untuk membuat titik awal. Geser mouse ke sembarang arah untuk memulai membuat garis.
  • Lepaskan mouse jika garis yang diinginkan sudah terbentuk

Mengubah Warna Garis

Secara umum, garis yang dibuat pertama kali dibuat berwarna biru. Kita bisa mengubahnya dengan cara berikut:

  • Klik garis yang mau diubah warnanya
  • Klik Format > Shape Outline > Theme ColorMengubah warna garis microsoft word -  bloggersejoli.com

Mengubah Ukuran Besar Garis

Mengubah uskuran besar (weight) garis bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Klik garis yang mau diubah ukurannya
  • Klik Format > Shape Outline > Weight > Pilih ukuran yang diinginkan. Jika ingin menggunakan ukuran lain bisa memilih menu more lines….Mengubah ukuran garis microsoft word - bloggersejoli.com

Mengubah Bentuk Garis

Secara Default, garis yang dibuat akan berbentuk satu garis (tanpa putus-putus). Untuk mengubahnya ke bentuk yang lain maka perlu melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Pilih garis yang mau diubah bentuknya
  • Klik Format > Shape Outline > Dashes > Pilih bentuk garis dari daftar yang tersedia. Jika ingin menggunakan bentuk lain maka bisa menggunakan menu more lines….Mengubah bentuk garis microsoft word - bloggersejoli.com

Mengubah Penunjuk Garis

Kita bisa mengubah garis biasa menjadi garis yang memiliki penunjuk (seperti anak panah). Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih garis yang mau diubah bentuknya
  • Klik Format > Shape Outline > Arrows > Pilih penunjuk dari daftar yang tersedia. Jika ingin menggunakan bentuk lain maka bisa menggunakan menu more lines….

    Mengubah penunjuk garis microsoft word - bloggersejoli.com

0 Komentar Anda:

Posting Komentar

Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.