Sabtu, 02 April 2016

Elisa Karamoy; Pentingnya 1000 HPK si Kecil

7
Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) si kecil merupakan salah satu fase perkembangan yang tidak boleh dilewatkan oleh orang tua. Pada 1000 HPK, si kecil berada dalam usia Golden Age yang tidak akan terulang pada usia selanjutnya. Asupan nutrisi yang cukup serta stimulus yang diberikan kepada anak menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh orang tua agar kemampuan si kecil pada 1000 HPK berkembang maksimal.
Elisa Karamoy, blogger 3 anak, menuturkan jika stimulus sangat penting peranannya pada perkembangan 1000 HPK si kecil. Ibu Rumah Tangga yang memutuskan untuk menjadi full IRT pada saat kehamilan kedua menuliskan pengalamannya di blog pribadi tentang anak pertamanya yang belum mampu berbicara dan berjalan pada usia 18 bulan akibat kurangnya stimulus.

Di samping nutrisi yang cukup, ujar blogger yang berdomisili di Tangerang ini, si kecil juga memerlukan stimulus, rangsangan dari luar, untuk meningkatkan perkembangannya. Sebagai Ibu dari anak yang pernah mengalami keterlambatan perkembangan hingga perlu berkonsultasi ke ahli tumbuh kembang anak, Elisa Karamoy yang juga berprofesi sebagai Ghost Writer dan Content Writer disamping sebagai IRT dan blogger, memberikan tips untuk menstimulus anak pada 1000 HPK agar tidak mengalami hal yang sama dengannya.
Stimulus yang perlu dilakukan oleh Ibu atau pengasuh anak yang lain terhitung mudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi memberikan pengaruh yang cukup tinggi dalam perkembangan anak.
  1. Berikan pelukan, sentuhan, dan ciuman kepada anak. Selain untuk memberikan stimulus kinestetik pada anak, hal ini juga akan memberikan rasa aman, nyaman dan bahagia.
  2. Ibu perlu, bahkan wajib untuk menampakkan ekspresi bahagia, wajah yang ceria dan tersenyum serta tertawa pada anak karena anak akan merekam semua itu dengan kemampuan visualnya.
  3. Ajak anak berbicara, berbincang-bincang meskipun anak belum mampu merespon. Kegiatan ini merangsang kemampuan audio anak, baik kemampuan mendengar maupun kemampuan berbicara.
Tiga tips ringan itu sangat mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bukan? Untuk mendapatkan tips parenting lain dari mbak Elisa Karamoy silahkan kunjungi blognya di www.elisakaroy.com.Ulik-ulik, ublek-ublek dan temukan hal-hal yang menarik disana. Syukur-syukur menemukan berlian. *Eh.
Selamat memanfaatkan 1000 Hari Pertama Kehidupan, Mak. Tips dari mbak Mutia Elisa Karamoy pasti akan saya terapkan ke mas Kevin. Tak rela rasanya menyia-nyiakan 1000 HPK mas Kevin setelah sharing dengan mbak Mutia Elisa Karamoy. big-big thanks!

7 komentar:

  1. Waktu memang tidak bisa diputar ya Mba.. Salut utk para ibu yang bisa membagi waktu antara pekerjaan dengan anak-anak. :)

    BalasHapus
  2. belum punya anak nih saya hihihi dan baru tau juga ada 1000 HPK. Wah terimakasih ya mba, ilmunya jadi nambah :)
    Dan melihat sekitar saya, anak2 kecil yang belum bisa bicara pun baiknya diajakin ngomong ya. Merangsang perkembangannya juga ternyata hal tsb, padahal keliatannya kan sepele "ngobrolin apa sih, si baby juga belum ngerti?"hihi

    BalasHapus
  3. Memberikan stimulasi buat anak sejak dini memang penting bnaget ya mbak. Ternyata ngaruh banget pas mereka rada besar dikit.

    BalasHapus
  4. serunya kl ibu ngeblog bisa berbagi informasi dengan ibu lain. jd yg kebetulan mengalami masalah sama bisa dpt bantuan ya

    BalasHapus
  5. Memang stimulus pada 1000 HPK itu penting banget ya. Anak saya yang kedua speech delay, sepertinya memang karena kurang stimulus. Kadang suka menyesal tapi sekarang fokus ke perbaikannya aja daripada menyesali diri. Makasih tipsnya, mbak Mutia & mbak Widi.

    BalasHapus
  6. Info berharta stimulan 1000 HPK untuk perkembangan n kecerdasan otak anak memanggil harus diterapkan sebaik mungkin

    BalasHapus
  7. Kevin sudah bisa apa nih Mbak Wid? :)

    BalasHapus

Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.