Kamis, 02 Oktober 2014

Cara Mencetak Buku Bolak Balik

Leave a Comment
Beberapa kali mendapat tugas untuk mencetak buku. Entah itu buku saku atau buku ukuran biasa. Hal ini membuatku harus berimprovisasi bagaimana cara yang lebih mudah untuk mencetak buku tersebut agar bisa lebih menghemat waktu dan biaya.

Dua tutorial membuat buku yang telah kubuat, sepertinya masih belum cukup efektif untuk dijadikan pedoman membuat buku yang efisien dan efektif. Maka dari itu, sekarang akan diulas tentang cara membuat buku bolak-balik yang paling mudah dilakukan. Langsung saja, caranya dijelaskan pada langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buat dokumen buku di MS Word. Tulis isi buku dengan layout biasa, portrait. Cara yang akan digunakan nanti akan secara automatis merubah layout menjadi landscape. Tampilan akan berubah menjadi dua halaman per lembar kertas. Seperti buku pada umumnya.
  2. Setelah dokumen buku selesai dibuat, langkah berikutnya adalah mencetak buku apabila sudah tidak ada revisi yang diperlukan lagi.
  3. Simpan dokumen buku menjadi PDF. Apabila menggunakan MS Word 2010 caranya klik File - Save As. Pada Save as type ganti menjadi PDF (*.pdf). Lalu klik Save.
  4. Buka file PDF tersebut dengan PDF Reader, misalnya Foxit Reader.
  5. Klik File - Print atau tekan kombinasi CTRL + P.
  6. Pilih Booklet pada  Print Handling. Lalu klik OK. Pencetakan buku akan dimulai. Setelah mendapat separuh halaman dari total halaman buku akan ada pemberitahuan untuk membalik kertas, silahkan balik kertas sesuai petunjuk yang disediakan oleh sistem printer yang bersangkutan.
Tampilan Pilihan Sebelum Mencetak Buku

0 Komentar Anda:

Posting Komentar

Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.