Jumat, 26 September 2014

Mengatasi Laptop Bunyi Bib Saat Booting

Leave a Comment
Beberapa kali ada yang mengeluhkan kalau laptopnya selalu mengeluarkan bunyi bib secara berulang ketika proses booting baru dijalankan. Awalnya, hal ini cukup membingungkan. Harus blog walking dulu untuk mencari solusi dari masalah ini. Namun, tak juga ada solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Suara bib yang terjadi saat proses booting berlangsung bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkannya, kita harus tahu kode bib yang telah menjadi standar produk hardware bersangkutan, di bawah ini contoh kode bib yang dibuat oleh American Megatrends (AMI). AMI merupakan perusahaan hardware yang produknya banyak digunakan di Indonesia.

Kode BIB Deskripsi
1 Pendek Gagal refresh DRAM
2 Pendek Sirkuit rusak/gagal
3 Pendek RAM Base 64K rusak/gagal
4 Pendek Sistem waktu gagal/rusak
5 Pendek Proses gagal/rusak
6 Pendek Keyboard ada yang eror/rusak
7 Pendek Virtual mode exception rusak/gagal
8 Pendek Display memory Read/Write test rusak/gagal
9 Pendek ROM BIOS checksum rusak/gagal
10 Pendek CMOS shutdown Read/Write error
11 Pendek Memori cache rusak
1 Panjang, 3 Pendek Memori rusak
1 Panjang, 8 Pendek Display/Retrace test gagal
Dua Nada Sirine Kipas CPU tidak normal, Masalah tegangan daya listrik

Kalau hal tersebut sudah terdeteksi, maka kita bisa mengambil langkah mana yang perlu diperbaiki. Misalnya ketika proses booting, laptop mengeluarkan bunyi bib pendek selama 6 kali, maka itu menandakan ada kerusakan pada keyboard. Mungkin ada salah satu atau beberapa tombol keyboard yang selalu dalam keadaan tertekan/terpencet karena terganjal kerikil atau debu.

Solusinya, kita harus membersihkan keyboard dengan alat yang memungkinkan, misalnya kuas yang telah disediakan khusus untuk membersihkan keyboard. Kalau cara tersebut belum berhasil, itu tandanya kerusakannya sudah sedikit lebih parah. Coba bongkar keyboard, lalu gunakan tester untuk mendeteksi apakah ada sambungan yang rusak. Kalau cara ini terlalu rumit, gunakan cara ketiga. Lepas sambungan keyboard ke CPU, lalu hidupkan laptop. Kalau sudah tidak ada bib, maka sudah jelas kalau bib tersebut disebabkan oleh keyboard yang rusak.

Untuk mengatasi keyboard yang rusak telah dibahas oleh banyak blogger yang ahli dalam bidang service hardware komputer/laptop. Silahkan blogwalking untuk mencari solusi yang tepat. Semoga berhasil.

0 Komentar Anda:

Posting Komentar

Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.