Senin, 29 September 2014

Jenis-Jenis Atlas

Leave a Comment
Jenis-jenis atlas secara umum dibedakan menjadi dua, yaitu:
1.      Atlas Khusus
Atlas khusus adalah atlas yang memuat informasi-informasi khusus saja atau atlas yang hanya berisi peta-peta tematik. Peta tematik adalah peta yang dibuat untuk tema tertentu, misalnya peta curah hujan Indonesia yang menitik beratkan pada informasi curah hujan yang terjadi di Indonesia pada kurun waktu tertentu, peta kekuatan militer Indonesia berisi tentang data kekuatan militer yang tersebar di seluruh Indonesia disajikan dalam bentuk peta, dan lain sebagainya.
2.      Atlas Umum
Atlas umum adalah atlas yang memuat informasi suatu wilayah di permukaan bumi secara umum, misalnya pulau, lautan, sungai, batas administrasi, jaringan jalan dan lain sebagainya.
Atlas umum dibedakan menjadi:
3.         Atlas Nasional
Atlas nasional berisi tentang informasi-informasi wilayah di suatu negara. Misalnya atlas Indonesia berisi tentang pulau-pulau yang ada di Indonesia, provinsi, kabupaten, desa, lautan, sungai, hutan dan lain sebagainya.
4.         Atlas Dunia
Atlas dunia berisi tentang gambaran umum objek-objek wilayah yang yang ada di dunia, misalnya benua, negara-negara, penduduk dunia, lautan, dan lain sebagainya.
5.         Atlas Semesta
Atlas semesta merupakan atlas yang berisi tentang informasi-informasi umum keadaan alam semesta, misalnya tata surya, planet, galaksi, satelit, bintang dan benda-benda luar angkasa lainnya.

0 Komentar Anda:

Posting Komentar

Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.