Sabtu, 20 September 2014

Cara Mudah Cek Kesalahan Penulisan Makalah

Leave a Comment
Seorang dosen Psikologi Pendidikan di Unesa, Ibu Nurchayati merupakan salah satu dosen yang memiliki strategi pengajaran sangat bagus. Beliau sangat teliti dalam mengoreksi tugas-tugas yang dikumpulkan oleh siswa. Tidak hanya kesalahan dari segi isi yang beliau kritisi, namun juga kesalahan dalam konteks EYD. Entah itu mengenai jarak spasi, perpindahan paragraf, kata hubung, dan lain sebagainya selalu dikritisi oleh beliau.

Saya sendiri cenderung lebih suka dosen yang gaya pembelajarannya seperti bu Chayati tersebut. Tugas yang dikumpulkan diberikan feetback agar mahasiswa tahu kesalahannya dan segera memperbaikinya di kesempatan yang akan datang meski diterapkan pada tugas yang lain dan dosen pengampu yang berbeda.

Sebagai mahasiswa, tentu kita sering mendapat tugas yang jumlah dan frekuensinya sangat besar. Memang seperti itu lah kebanyakan model pembelajaran kampus di negeri tercinta kita, Indonesia. terkadang, dalam seminggu bisa mendapat tugas sampai lima mata kuliah sekaligus bahkan lebih. Sekali lagi memang itulah gaya belajar kampus. Kerjakan saja! itu resiko karena telah bersedia menjadi mahasiswa. Sampai rela membayar mahal to?

Lha, kok malah ngelantur. Mana "cara cek kesalahan penulisan makalahnya"?

Sebenarnya cara ngecek kesalahan penulisan pada makalah yang tak sesuai EYD gampang. Gunakan saja Google Translate! Google translate tidak akan menerjemahkan kata yang tidak dipahaminya. Kata-kata yang dipahami GT hanya yang sesuai dengan EYD (mayoritas seperti itu). Jadi, kalau mau cek apakah ada kesalahan penulisan pada makalah atau tidak tingal kopas makalah ke GT lalu translate ke bahasa Asing. Nanti akan terlihat kata yang penulisannya salah, misalnya mau menulis makan malah tertulis msksn, mau menulis belajar malah tertulis berlaker dan lain sebagainya.

Namun perlu diingat! usahakan translate makalah tersebut ke dalam bahasa yang ejaanya tidak seperti ejaan kita. Misalnya bahasa Arab, India, China, Korea, dll. Ini untuk memudahkan kita dalam membedakan kata yang benar dengan kata yang salah penulisannya. Dah itu saja. Semoga bermanfaat.

0 Komentar Anda:

Posting Komentar

Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.