Sabtu, 20 September 2014

Cara Mendeteksi Makalah Bajakan

Leave a Comment
Menjadi editor web itu terkadang juga dihadapkan dengan masalah keorisinilan suatu karya tulis. Misalnya, ketika ada seorang mahasiswa yang ingin submit artikelnya untuk dipublikasikan ke blog kita, maka kita harus cek keorisinilan artikel tersebut. Bisa jadi artikel tersebut hasil copy-paste dari blog lain. Ini bisa bahasa. Akhirnya, blog kita akan terkenal menjadi "Master Plagiat".

Contoh lain, ketika ada mahasiswa yang ingin berbagi makalahnya ke blog kita. Sebelum kita publish makalah tersebut harus dicek dulu,
  1.  Apakah makalah tersebut benar-benar karnyanya atau bukan. 
  2. Cara pengutipannya sudah benar apa belum.
  3. Perbendingan kutipan langsung dengan kutipan tidak langsung banyak yang mana. dan lain sebagainya.
Pengecekan tersebut dimaksudkan agar blog kita tidak mendapat label "Master Plagiat". Kalau hanya ingin mengejar pagerank, alexa rank silahkan! Tapi jangan ngimpi bisa meraih simpati dari AdSense.

Cara mudah cek keaslian karya-karya tersebut bisa dengan cara copy sebagian paragraf (sekitar satu kalimat) secara acak lalu paste di pencarian Google. Pada hasil pencarian akan muncul kalimat yang persis dengan kalimat tersebut apabila kalimat tersebut diambil dari sumber lain yang diakui oleh pembuat makalah. Selamat mencoba.
Contoh Pencarian di Google

0 Komentar Anda:

Posting Komentar

Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.