Jumat, 01 Februari 2013

Windows | File Exe Terbuka di Aplikasi Lain

2

Pernahkah mengalami error ketika membuka suatu aplikasi di komputer atau laptop Anda?

File yang berekstensi exe (.exe) atau bertipe Application  bisa saja tidak bisa dibuka akibat kesalan user atau akibat dari gangguan oleh virus. Salah satu gangguan tersebut misalnya file yang bertipe Application tersebut ketika di run malah terbuka di aplikasi lain seperti mp3 atau video, misalnya di winamp, media player, picture viewer, microsoft word atau yang lainnya. Hal ini  bisa terjadi akibat file yang bertipe Application tersebut sebelumnya di buka dengan cara Open with lalu memilih salah satu aplikasi untuk membuka file tersebut dan Anda mencentang Always use the selected program to open this kind of file. Misalnya seperti gambar dibawah ini.

File Exe Tidak Dapat Dibuka

Gambar 1: Dialog Open With

Kesalahan oleh user diatas ditandai dengan berubahnya icon file Application tersebut di open file berubah menjadi salah satu aplikasi yang telah terinstal. Misalnya :

clip_image004

padahal seharusnya icon file Application pada open adalah:

clip_image006

Salah satu cara untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut adalah dengan menguninstall aplikasi yang iconnya terlihat seperti diatas, kalau tidak memungkinkan gantilah aplikasi yang digunakan untuk membuka tersebut dengan aplikasi yang lebih mudah di-uninstall, misalnya winamp atau Gom player. Cara lainnya harus memanipulasi registri.

Apabila kesalahan tersebut diakibatkan oleh virus, maka hapuslah virusnya dulu baru gunakan cara diatas.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

2 komentar:

Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.