Senin, 04 Februari 2013

Macromedia | Apa itu Flash?

Leave a Comment

Flash adalah alat yang digunakan desainer dan pengembang untuk membuat presentasi, aplikasi, dan konten lainnya yang memungkinkan interaksi pengguna. Proyek-proyek Flash dapat menyertakan animasi sederhana, konten video, kompleks presentasi, aplikasi, dan segala sesuatu yang dibutuhkan. Secara umum, konten yang dibuat dengan Flash disebut aplikasi, meskipun mereka mungkin hanya sebuah animasi dasar. Anda dapat membuat aplikasi Flash yang bagus dengan gambar, suara, video, dan efek khusus.

Flash sangat cocok untuk menciptakan konten untuk pengiriman melalui Internet karena file yang sangat kecil. Hal ini dikarenakan penggunaan ekstensif vektor grafis dalam Flash. Grafis vektor memerlukan ruang yang relatif sedikit daripada penyimpanan dari bitmap grafis karena mereka diwakili oleh rumus matematika, bukan kumpulan data besar. Bitmap grafis lebih besar karena setiap individu piksel pada gambar memerlukan potongan data terpisah untuk menggambarkannya.

Untuk membangun aplikasi dalam Flash, Anda membuat grafik dengan Flash tool dan impor elemen media tambahan ke dalam dokumen Anda di Flash. Selanjutnya, tentukan bagaimana dan Kapan Anda ingin menggunakan setiap elemen-elemen untuk menciptakan aplikasi yang Anda pikirkan.

Ketika Anda penulis konten dalam Flash, Anda bekerja di sebuah file Flash dokumen. Flash dokumen memiliki ekstensi file fla (FLA). Dokumen Flash memiliki empat bagian utama:

Komponen Lembar kerja Macromedia Flash 8

Stage adalah dimana grafis, video, tombol, dan sebagainya muncul selama pemutaran. Tahap ini lebih lanjut digambarkan dalam dasar-dasar Flash.

 

Timeline adalah dimana Anda memberitahu Flash bila Anda ingin grafis dan unsur-unsur lain dari proyek Anda muncul. Anda juga menggunakan Timeline untuk menentukan urutan layering grafis di stage. Grafis dalam lapisan lebih tinggi muncul di atas grafis di lapisan bawah.

Panel Library yang mana Flash menampilkan daftar elemen media tersebut dalam dokumen Flash Anda.

Kode ActionScript memungkinkan Anda untuk menambah interaktivitas untuk elemen media tersebut dalam dokumen Anda. Sebagai contoh, Anda dapat menambahkan kode yang menyebabkan sebuah tombol untuk menampilkan gambar baru ketika pengguna mengklik itu. Anda juga dapat menggunakan ActionScript untuk menambahkan logika untuk aplikasi Anda. Logika memungkinkan aplikasi Anda untuk berperilaku dengan cara yang berbeda tergantung pada tindakan pengguna atau kondisi lain. Flash mencakup dua versi ActionScript, masing-masing cocok untuk kebutuhan khusus seorang penulis. Untuk informasi lebih lanjut tentang menulis ActionScript, lihat 2.0 ActionScript di Flash di panel Help.

Flash memiliki banyak fitur yang membuatnya tampak hebat namun mudah digunakan, seperti prebuilt pengguna, drag-and-drop antarmuka komponen, perilaku built-in yang memungkinkan Anda dengan mudah menambahkan ActionScript ke dokumen Anda dan efek khusus yang Anda dapat tambahkan pada objek.

Bila Anda telah selesai, Anda dapat mempublikasikannya menggunakan File > Publish Command. Hal ini menciptakan versi kompresi file dengan ekstensi SWF (SWF). Anda dapat menggunakan Flash Player untuk memainkan file SWF di web browser atau sebagai aplikasi yang berdiri sendiri. Untuk pengenalan Flash Player, lihat tentang Flash Player.

 

0 Komentar Anda:

Posting Komentar

Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.