Jumat, 14 Desember 2012

Internet | Laporkan Pencuri Artikel

Leave a Comment

dewan-hak-ciptaBagaimana perasaan Anda apabila artikel/jurnal/karya Ilmiah Anda diakui orang lain? Bagaimana kalau karya Anda diterbitkan pada website/situs orang lain tanpa seizin Anda dan tanpa menyantumkan Anda sebagai pemilik yang sah? Lalu apa yang akan Anda lakukan? Melaporkan kepada pihak berwajib? Apakah Anda punya bukti yang kuat bahwa karya tersebut memang milik Anda?

Salah satu solusi untuk melindungi hak cipta dalam internet adalah dengan cara mendaftarkan karya Anda pada Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual Indonesia/Dewan Hak Cipta. hehe :-D

Google memberikan solusi apabila karya Anda di akui orang lain dan di terbitkan di internet tanpa seizin Anda dan tanpa menyantumkan sumbernya. Tanggapan google dapat berupa penghapusan atau penonaktifan akses ke materi yang diklaim sebagai subjek aktivitas pelanggaran dan/atau penghentian pelanggan. Jika google menghapus atau menonaktifkan akses untuk menanggapi pemberitahuan tersebut, google mungkin memberi tahu pemilik atau administrator situs atau konten yang terpengaruh sehingga ia dapat membuat pemberitahuan tanggapan. Selain itu, kebijakan google yaitu mendokumentasikan semua pemberitahuan dugaan pelanggaran yang ditindak, termasuk dengan mengirimkan salinan pemberitahuan ke satu atau lebih pihak ketiga atau menjadikannya tersedia untuk umum. Anda dapat melihat contoh publikasi semacam itu di http://www.chillingeffects.org. Apabila anda memiliki artikel yang diklaim orang lain dan ingin melaporkan kejahatan tersebut pada google, silahkan klik link berikut: https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-notice.

Semoga ulasan ini bisa menambah wawasan kita semua. Semoga para pelaku plagiat/plagiarisme segera mendapatkan hidayah. Amin.

 

Referensi:

AlKhoirot. 2012. Kalau Artikel Di Copy Paste (Copas), (http://www.alkhoirot.net/2012/05/agar-artikel-plagiat-dihapus-dari.html diakses pada 14 Desember 2012)

Google. 2012. Penghapusan Hak Cipta, (https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-notice, diakses pada 14 Desember 2012)

0 Komentar Anda:

Posting Komentar

Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.