Tutorial | Strategi Belajar Bahasa Pemrograman

Belajar bahasa pemrograman menjadi pilihan sebagian orang meski tanpa guru langsung atau hanya melihat referensi yang tersedia di internet. Meskipun begitu sebagian dari mereka ada yang mampu menjadi programmer yang keahliannya bila diuji tak kalah dengan lulusan universitas jurusan IT.
Hal yang paling pokok dalam mempelajari bahasa pemrograman pertama kali harus mengenal dan memahami logika. Logika yang paling sederhana adalah yang diajarkan di sekolah melalui pelajaran matematika seperti materi  konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi,  tautologi, kontradiksi, kontingensi, pernyataan berkuantor, ingkaran pada implikasi, konvers, invers, kontraposisi dan materi dengan modus-modus yang digunakan untuk penarikan kesimpulan, diantaranya modus ponens, tolens dan silogisme.
Berdasarkan pengalaman saya, sebelum masuk ke dunia Programming Language (PL) yang tingkat tinggi dengan syntac-syntac yang lebih rumit, kita bisa memanfaatkan Formula di MS Excel sebagai objek yang digunakan untuk latihan dasar dan mengasah logika yang telah kita pahami dalam bahasa verbal. Setelah mahir menggunakan formula tersebut barulah beralih ke bahasa pemrograman yang sesungguhnya seperti C++, Java, ataupun HTML. Logika yang kita bangun melalui MS Excel akan sangat membantu dalam mempelajari bahasa pemrograman tingkat selanjutnya.
Selamat mencoba. Disini saya sertakan syntac-syntac dasar HTML, CSS, dan Java script beserta tutorial dan contohnya dalam bentuk file help. Silahkan download disini.

Baca Juga

Comments

  1. Artikel nya sangat menarik dan mudah dipahami, silahkan kunjungintulisan sejenis yang saya punya
    Disini

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.

Popular posts from this blog

MS Word | Menulis Pegon di Komputer

Tutorial | Mengatasi Smadav yang Tidak Bisa Dibuka

Qur'an Kudus Versi Digital

Cara Mengembalikan File yang dihapus AVG