Opini | Over Fanatik Bukanlah Ajaran Islam

Ajaran Islam merupakan ajaran yang sangat luhur. Mengajarkan untuk menghormati, menyayangi, dan menghargai orang lain. Baginda nabi bersabda bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain dan yang paling bagus akhlaknya. Hal ini menunjukkan bahwa Islam mengajarkan kepedulian terhadap sesama tidak hanya sesama muslim melainkan dengan non muslim meskipun mereka memusuhi umat Islam.
Sebagian orang yang tidak mengenal Islam ada yang mengatakan bahwa Islam mengajarkan pemeluknya untuk menyukai peperangan, penganiayaan dan perilaku keji lainnya. Mereka itu ibarat seorang anak yang baru duduk di bangku Taman Kanak-Kanak (TK) yang tidak tahu tentang George W. Bush dan tidak pernah bertemu dengannya lalu anak tersebut mengatakan bahwa Mr. Bush adalah seorang yang ambisius, suka berperang, suka menganiaya, mengadu domba, dan menjajah demi kepentingan negaranya. Apakah akan ada yang percaya dengan kata-kata anak tersebut? Kalaupun ada mungkin hanyalah teman sepermainannya yang sama-sama tidak tahu tentang Mr. Bush.
Masyarakat Indonesia akhir-akhir ini dihebohkan dengan berita tentang kekerasan yang terjadi antara kelompok satu dengan kelompok yang lain, organisasi yang satu dengan organisasi yang lain, ormas yang satu dengan ormas yang lain, warga desa yang satu dengan warga yang lain, kandidat bersama pendukungnya dengan kandidat yang lain. Apakah yang menjadi latar belakang terjadinya perang saudara tersebut?
Sebagian ada yang bermotif ekonomi, sebagian ada yang bermotif kepentingan pribadi, dan sebagian yang lain ada yang karena kepentingan kelompok masing-masing.
Ketika satu kelompok merasa dialah yang paling benar, maka kelompok yang lain akan dianggap musuh. Sehingga ketika ada kesalahpahaman akan pecahlah perang sengit antara keduanya. Keduanya saling mencari kesalahan lawannya, mencari kekurangan-kekurangannya untuk dihujat dan dijadikan sebagai senjata untuk menjatuhkan reputasi lawannya tersebut. Keduanya saling melemparkan sumpah serapah dan mempengaruhi orang lain untuk ikut membenci lawan mereka.
Apakah mereka sadar bahwa yang dilakukan itu memang sesuai Syariah atau tidak? Apakah sesuai yang diajarkan Baginda nabi tercinta? Dimana ajaran Islam yang penuh dengan kelembutan dan akhlaqul karimah? Padahal Baginda nabi diutus ke dunia ini untuk menyempurnakan akhlak. والله اعلم بالصواب




Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Luas Bangun Datar Tak Beraturan

MS Word | Menulis Pegon di Komputer

Windows 7 | Mengatasi No Audio Output Device are Installed

Tutorial | Mengatasi Smadav yang Tidak Bisa Dibuka