Posts

Showing posts from May, 2012

Tutorial Arcview | Membuat Garis Kontur Dari Data DEM

Image
Mendigit kontur adalah pekerjaan yang sangat melelahkan, apalagi kalau konturnya sangat rapat dan areanya luas, terkadang akan sampai membuat pergelangan tangan kita sakit. Hal ini bisa kita hindari dengan menyederhanakan waktu pendigitan dengan menggunakan feature yang telah disediakan arcview.
Langsung saja pada langkah-langkahnya: 1.Membuat tema baru dengan type point. 2.Digit titik-titik ketinggian yang ada di Peta sampai selesai. 3.Masuk pada tabel tema untuk memasukkan data ketinggian, data ini bisa dimasukkan pada ID atau membuat Field baru, data ketinggian harus berupa angka. Apabila ada angka decimal gunakanlah tanda titik (.) sebagai tanda decimal. 4.Seleksi semua point yang telah dibuat. 5.Klik menu surface – create contours… 6.Lalu muncul pilihan, kalau belum paham klik OK-OK, sampai tampil menu untuk menentukan kontur interval, masukkan kontur interval Anda. 7.Klik OK.

Download tutorial lengkapDisini

Semester 2 | Kumpulan Materi Kuliah

Semester 4 | Kumpulan Materi Kuliah

Tugas | Evaluasi Siswa Sebagai Alat Bukan Tujuan

Nama : Budairi NIM  : 104274026/A Evaluasi adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui sampai  sejauh manakah tujuan atau cita-cita yang ingin dicapai itu sudah terwujud atau terlaksana dalam usaha-usaha yang telah dijalankan (Sumadi Suryabrata, 2004:293-294). Didalam dunia pendidikan, evaluasi digunakan untuk mengetahui perkembangan siswa dalam belajar. Biasanya, evaluasi ini diberikan dalam bentuk tes lisan, tes tulis, membuat karangan, dan lain sebagainya.  Selanjutnya, hasil evaluasi tersebut digunakan sebagai salah satu dasar pemetaan rancangan pembelajaran berikutnya. Bermacam-macam cara yang digunakan guru untuk  melakukan sebuah evaluasi terhadap anak didiknya, namun tidak semua cara ini benar-benar dapat memberikan hasil yang sesuai dengan kondisi anak didiknya yang beragam tersebut. Sebuah gambaran tentang kekeliruan dalam menilai siswa adalah seagai berikut: siswa A mendapatkan nilai C lalu gurunya (evaluator) menyangka kalau si siswa belum menguasai materi yang…

Tugas | Permasalahan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Permasalahan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Oleh : Budairi NIM : 104274026 /A           Pada dasarnya setiap manusia memiliki masalah dalam belajar, masalah tersebut ada yang ringan dan ada yang berat. Sebagian permasalahan tersebut dapat diselesaikan sendiri, namun ada juga yang perlu bantuan dari orang lain untuk menyelesaikan masalahnya dalam belajar misalnya anak yang cacat secara fisik, cacat secara mental dan lain sebagainya yang biasanya disebut dengan anak luar biasa atau anak berkebutuhan khusus.           Anak berkebutuhan khusus sering dipandang rendah oleh masyarakat, sehingga ada  upaya-upaya untuk membedakan tempat bagi mereka dengan anak normal dalam hal belajar khususnya di kelas sekolah formal. Hari kurniawan mengatakan bahwa hampir semua sekolah (di Malang) menolak anak berkebutuhan khusus untuk sekolah di non SLB, dengan alasan tidak ada fasilitas. Padahal, anak berkebutuhan khusus juga ingin sekolah sama seperti anak yang normal (kompas, 2011).           Model pemb…

Puisi | Ibu

Ibu.. Aku ridumu Aku belaianmu Aku sayangmu Aku semangatmu
Ibu…. Engkau manusia hebat Engkau wanita kuat Engkau berjiwa tegar Engkau berhati sabar Ibu…. Tak  terbayarkan pengorbananmu Tak terlukiskan perjuanganmu Tak ragukan ketulusanmu Tak tertuliskan kisahmu
Ibu…. Kaulah pelitaku Kaulah pahlawanku Kaulah mutiaraku Kaulah cahaya hidupku                                                                                       By: Laila Mufidah

Puisi | Ilahi

Ilahi... Fajar  mulai tenggelam Gemerlap bintang menyambut malam Indahnya senyuman alam Menghidupkan jiwa tuk rela melangkah Meski tak sanggup mencapai surga Perjalanan tertatih-tatih… Air mata turun bak hujan tiada henti…. Ilahi…… Sanggupkah aku menghamba kepadamu? Relakah Engkau diriku melangkah menuju surgamu? Dosaku bak gunung menjulang tinggi Sering ku lalai tuk merintih Ilahi….. Engkau perkasa, bermurah pada semua Engkau pencipta hamba Engkau penentram jiwa Engkau penguasa alam raya
                                                                        By: Laila Mufidah

Cerpen Geografi | Macet

Hari ini Ayis diajak ibunya jalan-jalan ke kota Surabaya, perjalanan  dari Sidoarjo ke Surabaya sangatlah macet, sehingga perjalanan yang biasa ditempuh selama lima belas menit menjadi tiga puluh menit lebih, Ayis yang semula diam saja mengamati pengguna jalan disekitarnya pun merasa bosan dan bertanya pada ibunya, “Ibu, kapan sampainya?”, Tanya Ayis. “Sabar ya nak, lima menit lagi sampai kok”, jawab Ibu menghibur. “Kenapa di Surabaya selalu macet, ya bu?” “Ya karena pengguna jalannya banyak, coba saja kalau yang menggunakan jalan sedikit pasti tidak macet”, jawab Ibu santai. “Kalau begitu ditutup saja jalannya bu biar kita saja yang lewat, pasti tidak macet, iya kan Bu?”, “hehe, ya tidak bisa lah, Yis, ini kan jalan umum, jadi semua orang berhak menggunaknnya”, “Terus sampai kapan, bu, Surabaya macet?” “Sampai tata guna lahannya diperbaiki, Yis.” “Maksudnya, Bu?” “Begini Yis, Ibarat pepatah mengatakan ada gula ada….?” “Semut”, kata Ayis meneruskan perkataan Ibunya. “ya, seperti itulah kondisi ko…