Excel | Menghitung Jumlah Huruf

Mungkin Sebagian teman-teman masih bingung bagaimana caranya mengitung jumlah huruf dengan menggunakan MS Excel, misalnya untuk mengetahui berapa jumlah siswa Laki-Laki (L) dan Perempuan (P) pada raport atau data lainya.
Pada kesempatan yang berbahagia ini aku akan membagi cara untuk menyelesaikan persoalan tersebut, yaitu menggunakan rumus "COUNTIF".
Adapun langkah-langkah percobaanya sebagai berikut:
1. buka MS Excel dan buatlah tabel kurang lebih seperti gambar 1.0.
Gambar 1.0



















2. Tulislah rumus =COUNTIF(C3:C12,"L") pada kolom disebelah Jumlah L, (lihat gambar 1.2) setelah itu tekan enter, (lihat gambar 1.3)
Gambar 1.2
Gambar 1.3


































 3. Tulislah rumus =COUNTIF(C3:C12,"P") pada kolom disebelah Jumlah P, (lihat gambar 1.4) setelah itu tekan enter, (lihat gambar 1.5)
Gambar 1.4

Gambar 1.5



























































Perhatian:
 COUNTIF : Rumus yang digunakan
C3:C12 : Range
"L" / "P" : criteria
------> Tidak semua MS Excel cocok menggunakan rumus diatas, untuk MS Excel 2007 yang edisi terbaru mungkin tidak menggunakan koma (,) sebagai pembatas antara range dengan criteria, namun menggunakan titik koma (;) contoh =COUNTIF(C3:C12;"L").
----->Kriteria "L" maupun kriteria "P" dapat diubah sesuai data, misalnya data yang ditulis tidak berupa singkatan L/P, tetapi langsung ditulis LAKI-LAKI/PEREMPUAN, Maka rumus harus diganti, contoh: =COUNTIF(C3:C12;"LAKI-LAKI") atau =COUNTIF(C3:C12;"PEREMPUAN").

Selamat Mencoba.... Semoga Berhasil....

Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Luas Bangun Datar Tak Beraturan

MS Word | Menulis Pegon di Komputer

Windows 7 | Mengatasi No Audio Output Device are Installed

Tutorial | Mengatasi Smadav yang Tidak Bisa Dibuka