Kamis, 06 Januari 2011

Soal UTS Pengantar geografi 2010

Leave a Comment
  1. Geografi sering di definisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari fenomena geosfer dalam konteks keruangan dari sudut pandang kelingkungan, atau kewilayahan. Jelaskan secara singkat, apa yang dimaksud dengan:
    1. Fenomena geosfer, dalam konteks keruangan, contohnya.....
    2. Fenomena geosfer dalam konteks keruangan dari sudut kelingkungan/ ekologikal, contohnya......
    3. Ruang yang terkait dengan (b) disebut wilayah formal/ wilayah fungsional (pilih salah satu)
    4. Fenomena geosfer dalam konteks keruangan dari sudut regional/ kewilayahan, contohnya.....
    5. Ruang yang terkait dengan (d) disebut wilayah formal/ fungsional (pilih salah satu)
  2. Apakah yang dimaksud dengan ruang/ space pada istilah keruangan/ spatial dalam kajian geografi? Dimensi apa saja yang terkandung dalam  pengertian ruang, yang juga dikatakan sebagai aspek-aspek keruangan itu?
  3. Bagaimanakah pertanyaan umum yang hendak dijawab oleh geografoi dalam setiap pengkajian terhadap suatu objek yang sedang dipermasalahkan? (misalnya industri disuatu daerah).
  4. Apakah yang dimaksud dengan objek naterial dan objek formal dalam kajian geografi? Dalam permasalahan industri disuatu didaerah misalnya, apakah yang menjadi objek material dan kemungkinan objek formaalnya.
  5. Informasi geografis berbeda dengan pemahaman geografis. Mengetahui informasi tentang adanya kerusakan hutan akibat penebangan liar disuatu daerah barulah merupakan informasi geografis dan belum merupakan pemahaman geografis. Jika demikian, bagaimana suatu informasi geografis dapat meningkatkan menjadi pemahaman geografis? Jelaskan persoalan ini!

0 Komentar Anda:

Posting Komentar

Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.